Bung Karno |
Pengakuan inilah yang meluncur dari Presiden Pertama Republik Indonesia kepada Cindy Adams
Dalam karyanya Menggali Api
Pancasila. Sadar atau tidak sadar ia mengucapkannya, terkesan ada
kejujuran di sana. Soekarno, sang orator ulung dan penulis piawai,
memang selalu membutuhkan dukungan orang lain. Ia tak tahan kesepian dan
tak suka tempat tertutup. Dari pidato dan tulisannya yang
memperlihatkan betapa mahirnya ia menggunakan bahasa, tersirat sebuah
kebutuhan untuk selalu mendapat dukungan dari orang lain.
Gejala berbahasa Soekarno, Bung Karno, merupakan fenomena langka yang
mengundang kagum banyak orang. Wajar kalau muncul pertanyaan “Apakah
kemahiran Soekarno menggunakan bahasa dengan segala ma-cam gayanya
berhubungan dengan kepribadiannya?” Analisis terhadap kepribadian
Soekarno melalui autobiografi, karangan karangannya, dan buku-buku
sejarah yang memuat sepak terjangnya dapat membantu memberikan jawaban.
Dengan menggunakan pendekatan teori psi-kologi individual dari Alfred
Adler (Hall dan Lindzey, 1985) dapat dipahami bagaimana Proklamator
Kemerdekaan RI ini bisa menjadi pribadi yang berapi-api, pembakar
semangat banyak orang, gagah dan teguh sekaligus sensitif, takut pada
kesendirian, dan sangat membutuhkan dukungan sosial.
** Soekarno Pribadi yang kesepian **
Di akhir masa kekuasaannya, Soekarno sering merasa kesepian. Dalam
autobiografinya yang disusun oleh Cindy Adams, Bung Karno.. Penyambung
Lidah Rakyat, ia menceritakannya.
“Aku tak tidur selama enam tahun. Aku tak dapat tidur barang sekejap.
Kadang-kadang, di larut malam, aku menelepon seseorang yang dekat
denganku seperti misalnya Subandrio, Wakil Perdana Menteri Satu dan
kataku, ‘Bandrio datanglah ke tempat saya, temani saya, ceritakan padaku
sesuatu yang ganjil, ceritakanlah suatu lelucon, berceritalah tentang
apa saja asal jangan mengenai politik. Dan kalau saya tertidur,
maafkanlah.’… Untuk pertama kali dalam hidupku aku mulai makan obat
tidur. Aku lelah. Terlalu lelah.” Ungkap nya kepada Cindy Adams..
Apa yang ditampilkan Soekarno dapat dilihat sebagai sindrom orang
terkenal. Ia diklaim milik rakyat Indonesia. Walhasil, ia tak bisa lagi
bebas bepergian sendiri menikmati kesenangannya.
Namun,
melihat ke masa mudanya, kita juga menemukan tanda-tanda kesepian di
sana. Semasa sekolah di Hogere Burger School (HBS), ia menekan
kesendiriannya dengan berkubang dalam buku-buku, sebuah kompensasi dari
kemiskinan yang dialaminya. Kebiasaan ini berlanjut hingga masa ia
kuliah di Bandung. Soekarno terkenal sebagai pemuda yang pendiam dan
suka menarik diri Indikasi kesepian juga kita dapatkan dalam ceritanya tentang penjara.
Malam-malam di penjara menyiksanya dengan ruang yang sempit dan
tertutup. Dinding-dinding kamar tahanannya terlalu menjepit dirinya.
Lalu muncullah perasaan badannya yang membesar hingga makin terjepit
dalam ruang tahanan itu.
“Yang paling menekan perasaan dalam seluruh penderitaan itu adalah
pengurungan. Seringkali jauh tengah malam aku merasa seperti dilak rapat
dalam kotak kecil berdinding batu yang begitu sempit, sehingga kalau
aku merentangkan tangan, aku dapat menyentuh kedua belah dindingnya.
Rasanya aku tak bisa bernafas. Kupikir lebih baik aku mati. Suatu
perasaan mencekam diriku, jauh sama sekali dari keadaan normal."
Lebih jauh lagi ke masa kecilnya, Soekarno sering merasa sedih karena
hidup dalam kemelaratan sehingga tak dapat menikmati benda-benda yang
diidamkannya. Di saat anak-anak lain dapat menikmati makanan jajanan dan
mainan, Karno hanya dapat menyaksikan mereka dengan perasaan sedih.
Lalu ia menangis mengungkapkan ketidakpuasan sekaligus
ketakberdayaannya. Selain itu, di lingkungan sekolah ia harus berhadapan
dengan anak-anak Belanda yang sudah terbiasa memandang remeh pribumi.
Pengalaman yang cukup traumatis terjadi di masa lima tahun pertama.
Soekarno pernah berturut-turut menderita penyakit seperti tifus,
disentri, dan malaria yang berujung pada penggantian namanya dari Kusno
menjadi Karno, nama seorang tokoh pewayangan putra Kunti yang berpihak
pada Kurawa demi balas budi dan kewajiban membela negara yang
menghidupinya. Sakit yang melemah-kan secara fisik dapat berpengaruh
terhadap kondisi psikis. Sangat mungkin muncul perasaan lemah, tak
berdaya, dan terasing pada diri Soekarno kecil. Untungnya dilakukan
penggantian nama disertai penjelasan dari ayahnya tentang makna
pergantian nama yang memberinya kebanggaan karena menyandang nama
pejuang besar.
Pengalaman sakit-sakitan dan hidup dalam kemiskinan tampak membekas kuat
dalam ingatan Soekarno. Di masa tuanya, ia menafsirkan kegemarannya
bersenang-senang sebagai kompensasi dari masa lalunya yang dirampas
kemiskinan. Ada semacam dendam terhadap kemiskinan dan
ketidakberdayaan yang telah berkilat dalam dirinya. Dendam yang kemudian
menggerakkannya pada semangat perjuangan kemerdekaan dan keinginan
belajar yang tinggi.
*** Mitos-mitos dari masa kecil ***
Sejak kecil, Soekarno sudah menyimpan mitos tentang diri-nya sebagai
pejuang besar dan pembaru bagi bangsanya. Ibunya, Ida Nyoman Rai,
menceritakan makna kelahiran di waktu fajar.
“Kelak engkau akan menjadi orang yang mulia, engkau akan menjadi
pemimpin dari rakyat kita, karena ibu melahirkanmu jam setengah enam
pagi di saat fajar mulai menyingsing. Kita orang Jawa mempunyai suatu
kepercayaan, bahwa orang yang dilahirkan di saat matahari terbit,
nasibnya telah ditakdirkan terlebih dulu. Jangan lupakan itu, jangan
sekali-kali kau lupakan, nak, bahwa engkau ini putra dari sang fajar.”
Tanggal kelahiran Soekarno pun dipandangnya sebagai pertanda nasib baik.
“Hari lahirku ditandai oleh angka serba enam. Tanggal enam bulan enam.
Adalah menjadi nasibku yang paling baik untuk dilahirkan dengan bintang
Gemini, lambang kekembaran. Dan memang itulah aku sesungguhnya. Dua
sifat yang berlawanan.”
Soekarno melihat dirinya yang
terdiri dari dua sifat yang berlawanan
sebagai satu kemungkinan pertanda nasibnya di dunia politik.“Karena aku
terdiri dari dua belahan, aku dapat memperlihatkan segala
rupa, aku dapat mengerti segala pihak, aku memimpin semua orang. Boleh
jadi ini secara kebetulan bersamaan. Boleh jadi juga pertanda lain. Akan
tetapi kedua belahan dari watakku itu menjadikanku seseorang yang
merangkul semua-nya.”
Kejadian lain yang dianggap pertanda nasib oleh Soekarno adalah
meletusnya Gunung Ke-lud saat ia lahir. Tentang ini ia menyatakan,
“Orang yang percaya kepada takhayul meramalkan, ‘Ini adalah penyambutan
terhadap bayi Soekarno,” Selain itu, penjelasan tentang penggantian nama
Kusno menjadi Karno pun memberi satu mitos lagi dalam diri Soekarno
kecil tentang dirinya sebagai calon pejuang dan pahlawan bangsanya.
Kepercayaan akan pertanda-pertanda yang muncul di hari kelahiran
Soekarno memberi semacam gambaran masa depan dalam benak Soekarno sejak
masa kecilnya. Dalam kerangka pemikiran Adler, gambaran masa depan itu
disebut fictional final goals (tujuan akhir fiktif). Meskipun fiktif
(tak didasari kenyataan), tetapi gambaran masa depan ini berperan
menggerakkan kepribadian manusia untuk mencapai kondisi yang tertuang di
dalamnya.
Riwayat hidup Soekarno memperlihatkan
bagaimana gambaran dirinya di masa depan dan persepsinya tentang
Indonesia menggerakkannya mencapai kemerdekaan Indonesia.
Bombasme bahasa dan keinginan merengkuh massa Setelah menjadi presiden, Soekarno berpidato tiap tanggal 17 Agustus. Di
sana dapat kita temukan kalimat-kalimat muluk, penggunaan perumpamaan
elemen-elemen alam yang megah dan hiperbolisme bahasa. Dari tahun ke
tahun pidatonya makin gegap-gempita, mencoba membakar semangat massa
pendengarnya dengan retorika kata-kata muluk.
Dari kalimat-kalimat itu dapat dibayangkan seperti apakah kondisi psikis
orang yang menggunakannya. Dalam pidatonya tanggal 17 Agustus 1949,
contohnya, ia berseru, “Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita
masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali.” Di
sini ada indikasi ia menempatkan diri sebagai orang yang bersemangat
elang rajawali sehingga memiliki hak dan kewajiban untuk menyerukan pada
rakyatnya agar memiliki semangat yang sama dengannya.
Seruan-seruan yang sering dilontarkan dalam pidatonya adalah tentang perjuangan yang harus dilakukan tak henti-henti.
“Kemerdekaan tidak menyudahi soal-soal, kemerdekaan malah membangun
soal-soal, tetapi kemerdekaan juga memberi jalan untuk memecahkan
soal-soal itu.”
* (Pidato 17 Agustus 1948)
“Tidak seorang yang menghitung-hitung: Berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya.”
* (Pidato 17 Agustus 1956)
“Karena itu segenap jiwa ragaku berseru kepada bangsaku Indonesia: “Terlepas dari perbedaan apa pun, jagalah Persatuan, jagalah Kesatuan, jagalah Keutuhan! Kita sekalian adalah machluk Allah! Dalam menginjak waktu yang akan datang, kita ini se-olah-olah adalah buta.”
* (Pidato 17 Agustus 1966)
Selain ajakan untuk berjuang, tersirat juga dari petikan-petikan tersebut bahwa Soekarno memandang dirinya sebagai orang yang terus-menerus berjuang mengisi kemerdekaan. Pengaruh fictional final goals-nya terlihat jelas, Soekarno yang sejak kecil membayangkan diri menjadi pemimpin bangsanya dengan kepercayaan tinggi menempatkan dirinya sebagai guru bagi rakyat.
“Adakanlah ko-ordinasi, ada-kanlah simponi yang seharmonis-harmonisnya antara kepentingan sendiri dan kepentingan umum, dan janganlah kepentingan sendiri itu dimenangkan diatas kepentingan umum.”
* (Pidato 17 Agustus 1951)
“Kembali kepada jiwa Proklamasi …. kembali kepada sari-intinya yang sejati, yaitu pertama jiwa Merdeka Nasional… kedua jiwa ichlas… ketiga jiwa persatuan… keempat jiwa pembangunan.”
(Pidato 17 Agustus 1952)
“Dalam pidatoku “Berilah isi kepada kehidupanmu” kutegaskan: “Sekali kita berani bertindak revolusioner, tetap kita harus berani bertindak revolusioner…. jangan ragu-ragu, jangan mandek setengah jalan…” kita adalah “fighting nation” yang tidak mengenal “journey’s-end”
* (Pidato 17 Agustus 1956)
Keinginannya untuk merengkuh massa sebanyak-banyaknya tampak dari kesenangannya tampil di depan massa. Bombasme-kecenderungan yang kuat untuk menggunakan kalimat-kalimat muluk dan ide-ide besar yang tidak disertai oleh tindakan konkret-praktis untuk mencapainya yang ditampilkannya dapat diartikan sebagai usaha memikat hati rakyat. Pidato-pidatonya banyak mengandung gaya hiperbola dan metafora yang berlebihan seperti “Laksana Malaikat yang menyerbu dari langit”, “adakanlah simfoni yang seharmonis-harmonisnya antara kepentingan sendiri dan kepentingan umum”, “Bangsa yang gila kemuktian, satu bangsa yang berkarat”, dan “memindahkan Gunung Semeru atau Gunung Kinibalu sekalipun.” Simak kutipan-kutipan berikut bagaimana gaya bahasa yang digunakan untuk memikat massa.
“Janganlah melihat ke masa depan dengan Mata Buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca mata benggalanya dari pada masa yang akan datang.”
* (Pidato 17 Agustus 1966)
“Atau hendakkah kamu menjadi bangsa yang ngglenggem”? Bangsa yang ‘zelfgenoegzaam’? Bangsa yang angler memeteti burung perkutut dan minum teh nastelgi? Bangsa yang demikian itu pasti hancur lebur terhimpit dalam desak mendesaknya bangsa-bangsa lain yang berebut rebutan hidup!”
* (Pidato 17 Agustus 1960)
Kita mau menjadi satu Bangsa yang bebas Merdeka, berdaulat penuh, bermasyarakat adil makmur, satu Bangsa Besar yang Hanyakrawati, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kertaraharja, otot kawat balung wesi, ora tedas tapak palune pande, ora tedas gurindo.
* (Pidato 17 Agustus 1963)
Gaya menggurui dari tahun ke tahun makin jelas terlihat dalam pidato Soekarno. Ia makin sering membuka pidatonya dengan kalimat “Saya akan memberi kursus tentang”. Pengaruh gambaran masa kecilnya tentang Soekarno sebagai pembuka fajar baru bagi bangsanya makin tegas. Ia tak menyadari bahwa gambaran itu bersifat fiktif, tak didasari kenyataan. Soekarno melambung tinggi dengan ide-idenya dan cenderung mengabaikan kondisi konkret bangsanya terutama kondisi ekonomi.
“Tidak seorang yang menghitung-hitung: Berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya.”
* (Pidato 17 Agustus 1956)
“Karena itu segenap jiwa ragaku berseru kepada bangsaku Indonesia: “Terlepas dari perbedaan apa pun, jagalah Persatuan, jagalah Kesatuan, jagalah Keutuhan! Kita sekalian adalah machluk Allah! Dalam menginjak waktu yang akan datang, kita ini se-olah-olah adalah buta.”
* (Pidato 17 Agustus 1966)
Selain ajakan untuk berjuang, tersirat juga dari petikan-petikan tersebut bahwa Soekarno memandang dirinya sebagai orang yang terus-menerus berjuang mengisi kemerdekaan. Pengaruh fictional final goals-nya terlihat jelas, Soekarno yang sejak kecil membayangkan diri menjadi pemimpin bangsanya dengan kepercayaan tinggi menempatkan dirinya sebagai guru bagi rakyat.
“Adakanlah ko-ordinasi, ada-kanlah simponi yang seharmonis-harmonisnya antara kepentingan sendiri dan kepentingan umum, dan janganlah kepentingan sendiri itu dimenangkan diatas kepentingan umum.”
* (Pidato 17 Agustus 1951)
“Kembali kepada jiwa Proklamasi …. kembali kepada sari-intinya yang sejati, yaitu pertama jiwa Merdeka Nasional… kedua jiwa ichlas… ketiga jiwa persatuan… keempat jiwa pembangunan.”
(Pidato 17 Agustus 1952)
“Dalam pidatoku “Berilah isi kepada kehidupanmu” kutegaskan: “Sekali kita berani bertindak revolusioner, tetap kita harus berani bertindak revolusioner…. jangan ragu-ragu, jangan mandek setengah jalan…” kita adalah “fighting nation” yang tidak mengenal “journey’s-end”
* (Pidato 17 Agustus 1956)
Keinginannya untuk merengkuh massa sebanyak-banyaknya tampak dari kesenangannya tampil di depan massa. Bombasme-kecenderungan yang kuat untuk menggunakan kalimat-kalimat muluk dan ide-ide besar yang tidak disertai oleh tindakan konkret-praktis untuk mencapainya yang ditampilkannya dapat diartikan sebagai usaha memikat hati rakyat. Pidato-pidatonya banyak mengandung gaya hiperbola dan metafora yang berlebihan seperti “Laksana Malaikat yang menyerbu dari langit”, “adakanlah simfoni yang seharmonis-harmonisnya antara kepentingan sendiri dan kepentingan umum”, “Bangsa yang gila kemuktian, satu bangsa yang berkarat”, dan “memindahkan Gunung Semeru atau Gunung Kinibalu sekalipun.” Simak kutipan-kutipan berikut bagaimana gaya bahasa yang digunakan untuk memikat massa.
“Janganlah melihat ke masa depan dengan Mata Buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca mata benggalanya dari pada masa yang akan datang.”
* (Pidato 17 Agustus 1966)
“Atau hendakkah kamu menjadi bangsa yang ngglenggem”? Bangsa yang ‘zelfgenoegzaam’? Bangsa yang angler memeteti burung perkutut dan minum teh nastelgi? Bangsa yang demikian itu pasti hancur lebur terhimpit dalam desak mendesaknya bangsa-bangsa lain yang berebut rebutan hidup!”
* (Pidato 17 Agustus 1960)
Kita mau menjadi satu Bangsa yang bebas Merdeka, berdaulat penuh, bermasyarakat adil makmur, satu Bangsa Besar yang Hanyakrawati, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kertaraharja, otot kawat balung wesi, ora tedas tapak palune pande, ora tedas gurindo.
* (Pidato 17 Agustus 1963)
Gaya menggurui dari tahun ke tahun makin jelas terlihat dalam pidato Soekarno. Ia makin sering membuka pidatonya dengan kalimat “Saya akan memberi kursus tentang”. Pengaruh gambaran masa kecilnya tentang Soekarno sebagai pembuka fajar baru bagi bangsanya makin tegas. Ia tak menyadari bahwa gambaran itu bersifat fiktif, tak didasari kenyataan. Soekarno melambung tinggi dengan ide-idenya dan cenderung mengabaikan kondisi konkret bangsanya terutama kondisi ekonomi.
Posted By : Nasionalisme Soekarno
Tidak ada komentar:
Posting Komentar