Kamis, 21 November 2013

Kenangan Manis Antara Soekarno & Kim Ill Sung

Kim Ill Sung, Pemimpin Tertinggi Korea Utara dan Soekarno, Presiden RI berbincang dalam kunjungan kenegaraan di Indonesia Tahun 1965

Konferensi Asia Afrika meninggalkan kenangan manis bagi pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Il Sung. Kim Il Sung yang menghadiri Konferensi Asia Afrika ke 10 di Bandung pada tahun 1965 mendapat kenang-kenangan bunga anggrek dari Presiden RI pertama Soekarno. Bunga anggrek tersebut kini dikembangbiakan oleh rakyat Korea Utara dan kini dikenal sebagai bunga Kim Ill Sung.

Inilah awal pertemuan Presiden RI Soekarno dengan pemimpin Republik Rakyat Demokratik Korea atau Korea Utara Marsekal Kim Il Sung saat mengunjungi Indonesia 10 April 1965. Selain menghadiri peringatan 10 tahun Konferensi Asia Afrika atau KAA di Bandung, Kim Il Sung juga mengunjungi kebon raya di lingkungan Istana Bogor. Saat itu Presiden Soekarno memberikan cindera mata bunga anggrek jenis Dendrobium hasil penyilangan dan sebagai penghormatan bunga tersebut dinamai bunga Kim Il Sung.

Di Korea Utara, bunga tersebut terus dikembangbiakan. Terakhir tercatat sekitar 200 ribu pohon dari hasil penyilangan bunga itu.Pada tahun 1995, bunga tersebut ditetapkan sebagai bunga kebangsaan rakyat Korea Utara. Dan pada tahun 1998, tiap tahun diadakan festival bunga Kim Il Sung.

Di banding perayaan sebelumnya, festival bunga tahun ini terasa lebih bermakna, karena rakyat Korea Utara terutama yang berusia lanjut ingin bertemu dengan sanak familinya setelah lebih 50 tahun berpisah pasca perang Korea tahun 1953.


Posted By : Nasionalisme Soekarno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar